Berterima kasihlah pada Malaysia!

20120618-224216.jpg

      Ilustrasi Tari Tor Tor – kompas.com

Terlepas dari segala perdebatan antara indonesia dan malaysia , baik berupa klaim malaysia dari ragam budaya dan wilayah yang telah dan hampir saja terlepas dari cengkraman bumi pertiwi. Marilah kita mengucapkan terima kasih setinggi tingginya kepada Kerajaan Malaysia. Kok bisa?

20120619-084242.jpg

      Ilustrasi Batik – expat.or.id

Masih ingatkah anda dengan klaim malaysia atas batik tahun 2009 silam ( http://nasional.vivanews.com/news/read/88684-pengakuan_unesco_bantah_klaim_malaysia ). Sebelum terjadinya klaim tentu jarang sekali kita lihat warga negara kita menggunakan batik , paling hanya waktu kondangan dan acara acara penting lainnya. Sekarang lihatlah di sudut kotamu , ribuan batik store menjamur baik offline maupun online dibanyak forum jual beli mulai dari kaskus bahkan amazon dan ebay. Dan yang sekarang lagi trend , batik bola

20120619-084853.jpg

      Batik Bola dagangan temen saya

20120619-085237.jpg
Jualan batik di amazon , USD 139 , Wow!

Batik memang telah lama menjadi budaya indonesia , tapi batik belum pernah menjadi sehebat dan sepowerful sekarang yang bisa melalang buana ke pasar internasional. Bahkan sekarang pun banyak batik yang diekspor ke luar negeri. Tentu saja hal ini merupakan hal bagus yang akan mendongkrak devisa negara.

Tentu saja hal yang indah ini tidak akan terjadi tanpa Malaysia dan peran media dalam mem-boomingkan hal ini. Bahkan tidak tertutup kemungkinan hal ini merupakan strategi marketing oleh Bapak Presiden kita agar budayanya dikenal oleh rakyat dan bahkan dunia. Bahkan banyak dari teman penulis tidak tahu bahkan belum pernah dengar ada tarian yang namanya Tor Tor , kalau suku batak di jawa sudah banyak.. Heheehe.

Dan strategi marketing ini berhasil diterapkan pada Tari Tor Tor sehingga dapat menjadi Trending Topic WorldWide dan ini juga termasuk keuntungan strategi marketing yang tentu saja gratis .
Bahkan salah satu teman penulis berkicau di twitternya bahwa kalau dulu Soekarno menyuruh Bangsa Indonesia angkat senjata untuk mengganyang Malaysia. Jaman SBY ini cukup buka twitter dan posting dengan hashtag #malaysiamiskinbudaya yang sempat jadi Trending Topic Worldwide itu.

20120619-091053.jpg

      The Power of Free Marketing

Jadi , berterima kasihlah kepada Malaysia yang telah membantu Pak SBY memberikan promosi ke seluruh dunia dengan biaya gratis. Toh itu cuma isu yang sudah dinyatakan oleh wamendikbud sub. Kebudayaan tidak akan dibahas UNESCO besok.. Hidup Malaysia! Hidup Pak SBY!

Categories: Ulasan | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: