Sekilas EURO – Dari Anjloknya Harga Tiket hingga Jatuhnya Tim Unggulan

20120705-163211.jpg
Tiket Euro kemaren jatuh hingga 20 Euro ( Rp. 250.000 )

Euro kemarin menyisakan banyak sekali pembelajaran bagi kita . Bukan hanya suka cita Spanyol atas keberhasilan Tiki Takanya dan kegagalan berbagai timnas unggulan juga yang tidak kalah kasihannya lagi kerugian para calo. Lho kok?

Tiket Euro Terjun Bebas , Calo Kelabakan

20120705-171638.jpg
Calo berkeliaran

Tentu saja bagaikan angin segar bagi para traveler dan khusunya backpacker berbudget rendah melihat tiket yang masih sisa banyak dan harganya diturunkan di loket resmi maupun online uefa kemarin . Hal ini tentu masih tidak jauh karena menurunnya daya beli masyarakat eropa karena krisis ekonomi yang memukul rata seluruh negara eropa . Baik negara PIIGS ( Portugal , Italy , Ireland , Greece , Spain ) yang terlilit utang hingga negara negara eropa yang harus mem-bailout karena semata uang.

Tentu saja ada yang senang adapula yang sedih. Calo pun juga harus siap tidak laku dagangannya karena yang di counter resmi aja kaga laku walaupun harga dibanting.

Kegagalan Ekonomi dan Kegagalan Ronaldo

20120705-171951.jpg

Ronaldo memang salah karena niatnya ingin menjadi pahlawan dengan meminta menjadi algojo pinalti terakhir justru menjadikan klubnya pulang lebih awal. Semuanya dampak dari egoisme Ronaldo. Namun egoisme kebijakan ekonomi Portugal bereampak lebih serius dibanding kekalahan tim sepakbola. Harga Ronaldo saat dibeli dari Manchester United pun tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan dana yang dipinjam Portugal dari Uni Eropa sebesar 52 Milyar Euro, itu belum termasuk Extended Fund Facility sebesar 26 Milyar Euro dari IMF.

Tropi Tak Dapat , Uang Tak Punya

20120705-172005.jpg

Ireland kalah bersaing di grup C seiring dengan kekalahan di bidang ekonomi yang membuat negaranya harus meminta bantuan pinjaman dari Uni Eropa dan negara anggotanya sebesar 45 Milyar Euro, ditambah 22,5 Milyar Euro Extended Fund Facility dari IMF .

Sang Dewa yang Terlilit Utang

20120705-172001.jpg

Selain terlilit masalah politik yang mengakibatkan diadakannya re-election yang tentu saja mengkosongkan dompet sang dewa yang sudah kosong. Zona Euro pun harus siap mengucurkan 140 Milyar Euro untuk pemilu sang dewa walaupun sang dewa harus mengurangi makannya. Belum termasuk debt swap dan lain lain sejak krisis dimulai 2 tahun lalu.

Duo Finalis yang Kalah Bareng

20120705-172428.jpg

Walaupun Spanyol keluar sebagai pemenang Euro kemarin dengan menang telak bahkan cleansheet 4-0 dengan gaya tiki takanya. Pemerintah Spanyol pun kini ber tiki taka melobi Euro untuk mem-bailout banknya sebesar 100 Milyar Euro. Italia pun memakai teknik Hard Defending yang mereka gunakan hingga membawanya ke Final untuk bertahan dalam gempuran krisis zona eropa. Kini tinggal menunggu finalnya pemerintah Italia.

Uang yang Cukup tak Menjamin Ruang Ganti

20120705-173257.jpg

Perpecahan dimulai karena Van der Vaart kecewa selalu dipinggirkan Van Marwijk, yang lebih memilih Nigel de Jong dibanding dirinya dan akhirnya memulangkan Belanda yang cukup difavoritkan dengan poin nol di grup b yang dibilang grup neraka. Uang cukup belum tentu menjamin Keberhasilan suatu timnas , justru himpitan akan menjadi pacuan untuk bekerja lebih keras dan keluar dari jerat krisis ekonomi.

Untuk kekalahan timnas lain dapat dikatakan wajar karena permain indah satu sama yang lain . Penulis pun harus menelan pil pahit timnas favoritnya ditaklukkan Balotelli saat Semi Final. Apapun keadaannya dan carut marut PSSI yang masih belum selesai sampai saat ini , dan penulis ogah untuk membahasnya . Kita kita tetep Nonton Bareng dong.. Salam Olahraga!

Referensi :
http://id.berita.yahoo.com/tiket-euro-2012-dibeberapa-pertandingan-diturunkan-harganya-153621997.html
http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/06/17/krisis-piala-eropa
http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/06/22/sekotak-bakpia-jogja-secangkir-teh-dan-dua-tiket-semifinal-piala-eropa/
http://m.okezone.com/read/2012/06/12/3/645580
http://www.tempo.co/read/news/2012/06/27/223413411/Mimpi-Buruk-Calo-Tiket-Euro
http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2012/06/13/krisis-ekonomi-spanyol-berusaha-dijelaskan/
http://m.monexnews.com/market-outlook/inilah-kronologi-krisis-yunani.htm

Categories: Ulasan | Tags: , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: