Prospek Cerah Bulan Ramadhan

Suasana Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan!

Tak terasa bulan yang suci kini telah tiba , bulan suci yang dalam hadist Mutaffaq Alaihi Rasulullah SAW. bersabda ”Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan pengharapan (pahala), diampuni dosa-dosa yang telah lampau.”

Terselip pula malam seribu bulan kebaikan disalah satu hari dalam bulan Ramadhan sesuai dalam Al Quran yang mengatakan “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. Al Qadr, 97:1-5)

Dilihat dari segi pandang religius tentu saja bulan Ramadhan menjanjikan kebaikan yang tiada tara , bahkan di bulan tersebut terdapat 1 hari yang pahalanya digandakan hingga seribu bulan ekuivalen 83 tahun yang bahkan mungkin lebih dari seumur hidup kita.

Dan dari segi ekonomis pun kita lihat berbagai potensi ekonomi yang dapat dikembangan oleh semua kalangan . Baik itu kaum menengah ke bawah bahkan menengah ke atas. Kita bisa lihat di sekitar kita pedagang tumpah dimana mana , ajakan buka bersama berjajar rapi di inbox kita . Sungguh Allah Maha Benar dan Maha Jujur.

Nah, pada kesempatan kali ini tentu saja penulis tidak akan membahas tentang puasa dari sisi religius karena sudah diulang di masjid sampai bosan pastinya. Saya menyempatkan diri untuk membeberkan banyaknya kesempatan bernilai ekonomis yang Allah berikan di bulan ramadhan itu

1. Bisnis Kuliner

Es Pisang Ijo dan Ragam minuman lainnya yang umum ditemui menjelang buka puasa..

Larisnya Mendoan jelang buka puasa

Suasana Buka Bersama di Masjid

Kemarin penulis sempat beli es pisang ijo untuk buka puasa dan tanya tanya kepada penjual. Ternyata penjualan es pisang ijo yang menggunakan bagasi mobil yang menyebar di kota pati itu merupakan aktivitas sebuah komunitas yang mereka ikuti. Mayoritas mereka merupakan pekerja kantoran yang cukup mapan karena memiliki mobil dan bekerja di perusahaan perusahaan terkemuka. Dengan harga Rp. 5.000 pergelasnya komunitas tersebut mengaku dapat menjual hingga 500 gelas perhari. Dalam satu bulan ( 30 hari ) secara matematis bisa beromzet hingga 75 Juta. Wow!

Mendoan pun tidak kalah laris , saat membeli mendoan kemarin penulis sempat bertanya tanya dan mendapati bahwa pemiik warung ini menyetok tempe 3x biasanya karena tingginya permintaan mendoan daripada hari biasa , khususnya pada awal puasa ini. Yang berarti peningkatan omzet hingga 3x lipat . Tertarik jadi pedagang mendoan?

Juga peningkatan omzet berbagai rumah makan karena pesanan masjid , takeaway , maupun acara buka bersama yang marak diadakan di bulan penuh rahmat ini tentu saja merupakan berkah tersendiri untuk pemilik rumah makan . Karena sudah menjadi tipikal manusia , masa seharian kelaparan makannya gitu gitu aja😀

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang patut dicoba di bulan ramadhan ini! Tidak perlu serius mengembangkan rumah makan dan mengiklankannya susah payah , komunitas es pisang ijo pun bisa meraih omzet 120 Juta..

2. Bisnis Garmen

Maraknya perusahaan berbagi kaos dibulan Ramadhan merupakan prospek cerah di bidang penyablonan

Peningkatan penjualan baju muslim juga patut dipertimbangkan

Banyak perusahaan yang membagi kaos kaos di bulan Ramadhan ini , baik dalam acara takjil dan buka bersama ataupun untuk pembeli dan sopir sopir. Mereka umumnya menganggap pembagian kaos ini sebagai Long Term Investation . Sopir sopir yang umumnya jarang salin kecuali dapat kaos baru lagi tentu akan terus menggunakan kaos perusahaan tersebut..

Dalam hal ini perusahaan tentu akan membagi gula dalam bidang penyablonan . Nah , anda bisa saja kecipratan gulanya dengan membuat jasa penyablonan manual. Alat yang dibutuhkan tidak mahal dan praktis sekali. Yang penting bisa menggaet kepercayaan pelanggan.

Penjualan baju muslim pun mengalami peningkatan signifikan , banyak ibu ibu kompleks biasanya agresif menjual baju kokonya dengan berbagai merek kepada teman sohib seperjuangannya , hehehe.. Ada pula yang pergi ke pusat penjualan garmen baik Mangga Dua maupun toko lokal. Anda pun bisa mencoba menjadi reseller menjual baju muslim , siapa tahu ramadhan berbaik hati kepada anda😀

3. Bisnis Otomotif

Servis dan Perawatan Mobil

Pameran Penjualan Mobil baru & Mobil bekas

Penyewaan mobil dan Jasa supir

Tentu saja kendaraan merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan mudik . Mudik biasa dilakukan menjelang hari lebaran untuk menemui keluarga di kampung halaman setelah mengadu nasib di perantauan . Tentu saja sebagai manusia ingin terlihat sukses dong. Hal inilah yang umumnya mendongkrak penjualan dealer setiap tahunnya. Anda bisa mencoba untuk membuka dealer , tapi tentu saja modal yang dibutuhkan sangatlah besar.

Alternatif lain adalah menjual mobil bekas yang mungkin sudah tidak terpakai , dapat dijual di dealer Mokas yang tersebar di seluruh indonesia atau diikutkan pameran . Bisa juga dijual ke teman atau lewat media online semisal kaskus ataupun tokobagus. Yang satu ini juga membutuhkan modal cukup karena harus memiliki mobil.

Servis dan cucian mobil bisa jadi cocok buat anda , semua kendaraan membutuhkan perawatan bukan? Anda bisa mencoba membuka cucian mobil didepan rumah anda untuk penduduk sekitaran kompleks rumah anda misalnya. Dengan tempat kecil saja dan beberapa karyawan anda bisa memulai merintis bisnis ini , mengingat sekarang banyak orang malas untuk mencuci mobilnya dan memilih carwash.

Penyewaan mobil pun bisa jadi ladang basah bagi anda kolektor mobil misalnya , daripada nganggur di garasi lebih baik untuk disewakan bagi pemudik yang ingin pulang kampung tapi belum sanggup membayar DP Kredit Mobil. Ataupun bagi perusahaan pengirim TKI dan outsorcing biasanya membuka penyewaan jasa supir selama lebaran. Semua tergantung kemampuan anda dan kemauan untuk menggerakkan bisnis ini..

4. Bisnis Pernak Pernik Ramadhan

Kartu Ucapan Lebaran

Parcel Idul Fitri

Di tengah maraknya broadcast message yang umumnya dikirim lewat hp pada event event tertentu , kartu lebaran tetap mendapat tempat di hati masyarakat indonesia. Kartu lebaran pun masih tetap diburu untuk disertakan dalam parcel idul fitri yang terkadang kita tunggu tunggu. Dengan bermacam macam isi didalamnya tentu saja harga yang harus dirogoh tidaklah sedikit. Ini bisa menjadi kesempaatan bagi kita untuk mengolah dan berkreasi dengan parcel dan kartu lebaran. Asal unik pasti habis!

5. Bisnis Religi

Lagu religi banyak dirilis di Bulan Ramadhan

Ladang penghasilan bagi ulama, qiroah, dan Event Organizer

Bagi anda yang punya bakat menyanyi tentu saja bulan ramadhan tidak dapat dilewatkan begitu saja. Royalti lagu yang tentu saja tidak sedikit membuat banyak artis berlomba lomba membuat lagu religi. Atau band indie biasanya berkonser melantunkan lagu lagu religi.

Bila anda seorang ulama maupun santri tentu saja mendambakan indahnya bulan ramadhan. Selain limpahan pahala dari Allah SWT. penghasilan tambahan pun bisa diraih dari event event pengajian yang jamak dilakukan saat bulan puasa. Begitu pula untuk Event Organizer yang juga kebagian bikin tenda dan gelar karpet..

Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad)

Masih banyak lagi bisnis yang bisa anda lirik sambil beribadah di bulan yang suci ini, penulis pun sudah menggeluti bidang bisnis garmen setahun lamanya walau hanya jadi reseller .. Karena Allah akan memberi rizki kepada hambanya yang mencoba entah kapan waktunya sesuai kehendakNya . Kalau tidak dicoba kapan untungnya? Selamat menunaikan ibadah puasa!

Categories: Ulasan | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Prospek Cerah Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: