Marketing Abad 21 – The Power of SocMed

Iklan Fenomenal Klinik Tong Fang ( kaskus.co.id )

Siapa yang menyangka iklan yang begitu membosankannya tentang sebuah klinik pengobatan herbal bisa ngetop karena sindiran yang dilontarkan di Social Media? Entah kebetulan atau memang direncanakan oleh tim marketing , klinik tersebut berhasil menuai keberhasilan dari plesetan plesetan di Social Media dan Trending Topic Worldwide secara gratis. Bahkan banyak bermunculan account twitter yang menyatakan diri sebagai Plesetan Tong Fang Official , yang berarti klinik Tong Fang mendapat pengiklan secara gratis..

Dulu, pacar saya enggak perhatian. Setelah berobat ke Klinik Tong Fang, pacar saya malah perhatian sama pacar orang lain . Terima kasih klinik Tong Fang – @tongfangparodi

Penggiringan Opini

Pembentukan Opini dengan Opini ( mindsproutmarketing.com )

Masih teringat di benak kita seorang Prita yang dituntut penjara oleh RS. Omni Internasional karena curhat kepada temannya lewat email . #koinuntukprita yang digalakkan pada waktu itu berhasil mengumpulkan Rp. 240 Juta untuk membayar tuntutan Rumah Sakit tersebut. Tidak tanggung tanggung , koin yang didapat Prita bila ditimbang bisa mencapai 2.5 Ton! Dilain sisi ada seorang Darsem sang TKW yang dituntut hukuman pancung karena mencuri harta sang majikan. Dapat mengumpulkan uang untuk membayar denda bahkan lebih . Terhitung 1.2 Milyar jatuh ke tangan Darsem yang asli Subang. Bahkan diberitakan Darsem membelanjakan uang hasil sumbangan tersebut untuk membeli rumah bahkan perhiasan..

Lain lagi di Timur Tengah yang sampai hari ini masih terjadi adalah peristiwa Arab Spring.. Peristiwa kudeta pemimpin daerah Middle Eastern oleh rakyat ini didasarkan oleh kemuakan masyarakat akan kepemimpinan yang berpuluh puluh tahun , tanpa hasil yang dirasakan masyarakat serta dukungan social media. Diawali tumbangnya Ben Ali sang Presiden Tunisia yang telah memimpin sejak tahun 1987 . Diikuti Khadafi sang pemimpin Libya , Ali Abdullah dari Yaman , bahkan Mubarak seorang loyalis antek barat yang telah memimpin Mesir dengan tangan besi selama 31 tahun .. Semua semulanya dimulai dari keluh kesah dan pembentukan grup di sosial media . Yang bahkan setelah terendus oleh otoritas media sosial semisal facebook dan twitter diblokir di mayoritas negara arab.

Melihat fakta fakta diatas tentu kita tidak dapat mengelak bahwa sosial media telah menguasai hidup kita , bahkan otoritas negara yang bisa tumbang karena suara suara rakyat . Kalau filsafah romawi mengatakan ” Vox Populi Vox De ” bahwa suara rakyat adalah suara tuhan kini semua itu berganti menjadi ” Status Populi Status De ”

Peluang Sosial Media

Sukses lewat Pesbuk! ( monsterjelly.wordpress.com )

Nah , melihat peluang yang terbuka sedemikian lebar di era keterbukaan ini tidak ada salahnya bila kita memanfaatkan sosial media . Tentu saja dalam hal positif , karena memang segala teknologi dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Berjualan online merupakan salah satu hal yang cukup mudah , bisa menjual barang yang nganggur di rumah , kreasi sendiri , menjual jasa game atau pengisian pulsa , atau menjadi reseller pabrikan. Dengan perangai yang meyakinkan dan tentu saja kepuasan konsumen kita bisa meraih sukses bersama sosial media.

Untuk meyakinkan konsumen online yang belum pernah bertatap muka dengan kita , hal yang paling mudah dilakukan untuk meyakinkan konsumen adalah mengumpulkan testimoni. Klinik Tong Fang pun berhasil menjadi klinik pengobatan herbal favorit karena testimoni nya bukan? Tentu saja testimoni yang ada haruslah asli dan tidak dibuat buat , karena bila terbukti bohong pada suatu saat akan menimbulkan citra negatif yang akhirnya meruntuhkan kekuasaan online market kita. Sapa salah bakale seleh!

Bisa juga promosi lewat sosial media , biasanya perusahaan menggunakan akun twitter yang followernya cukup banyak untuk beriklan . Kamu bisa mulai untuk mencari follower sebanyak banyaknya di Twitter , bisa dengan berkicau mengenai satu topik secara kontinus dan lengkap , atau dengan menulis buku dan bahkan mencari sensasi . Banyak akun yang berhasil dalam hal ini , sebut saja @my_supersoccer yang membahas sepak bola dengan paham cukup kontroversial , atau yang seperti @Poconggg dan @radityadika yang sukses menulis bukunya yang juga cukup memancing kontroversial . Tentu kontroversial yang baik akan memancing hasil yang baik pula , bukan kontroversial yang menyinggung personal atau sara.. Selamat berkicau!

Arief Muhammad yang sukses menjadi @Poconggg pertama yang menulis buku ( sidomi.com )

Refrensi : http://bitly.com/bundles/ilhamdatha/3

Categories: Uncategorized | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: