Amerika Juara Umum , Prestasi Indonesia Masuk WC Umum..

Megahnya Upacara Penutupan Olimpiade.. ( dailymail.co.uk )

Ajang bergengsi empat tahunan yang diadakan di London ini selesai sudah . Bendera olimpiade telah diserahkan kepada Eduardo Paes sebagai walikota tuan rumah selanjutnya di Rio , Brazil. Amerika pun berhasil menyabet gelar juara umum kembali dengan 104 medali dengan 46 medali emas . Suatu prestasi yang luar biasa dan bahkan melampaui prestasi China di Beijing pada olimpiade sebelumnya dengan genap 100 medali. Britania Raya , sebagai tuan rumah yang kali ini berjuang tanpa Northern Island harus puas berada di posisi ketiga. Tapi kabar buruk justru menimpa Indonesia yang terjun bebas ke peringkat 63 tanpa medali emas setelah sebelumnya di Olimpiade Beijing meraih peringkat 42 dengan 1 emas. Bahkan kali ini kita harus rela disalip Thailand dan sejajar dengan Malaysia . Ada apa dengan negeriku ini?

Penyerahan Medali Man Marathon secara simbolis yang dimenangkan oleh Keflezighi yang sebelumnya tidak dijagokan ( dailymail.co.uk )

Penyerahan Bendera kepada Walikota Rio , Tuan Rumah Olimpiade Musim Panas 2016 (dailymail.co.uk)

Banyak sekali kejadian yang mengagetkan terjadi di olimpiade , Mulai dari pembukaan olimpiade pada saat Ratu Elizabeth terjun dari parasut dan Atlit Sudan Selatan yang maju olimpiade Tanpa Negara , karena belum adanya badan olimpiade di negara tersebut.

Atlit Independen.. ( dailymail.co.uk )

Selain itu ada bendera Korea Utara yang tertukar dengan Korea Selatan , yang tentu saja membuat geram karena mereka masih berstatus musuh abadi karena perangnya baru diakhiri dengan gencatan senjata. Kejadian ini sempat menjadi trending topic di Twitter dan ramai dibicarakan di media sosial. Berawal di laga pembuka sepakbola puteri sehari sebelum pembukaan (26/7) yang mempertemukan Korea Utara dan Kolombia di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia. Panitia memasang bendera Korea Selatan di gambar pemain Korea Utara di layar raksasa stadion. Pihak Korea Utara langsung memprotes panitia dan kejadian ini membuat pertandingan ditunda selama satu jam lebih. Panitia kemudian meminta maaf dan memastikan kesalahan tersebut tak terulang lagi.

Bendera yang Tertukar.. ( bisnis-jabar.com )

Dari hasil olimpiade hasil yang tak terduga pun muncul , Di tim Amerika Serikat ada Missy Franklin dan Katie Ledecky. Missy yang masih berusia 17 tahun disebut-sebut sebagai the next Michael Phelps karena prestasinya di beberapa kejuaraan dunia. Di London 2012, Missy meraih empat emas dan satu perunggu. Di nomor 200 meter gaya punggung, Missy bahkan memecahkan rekor dunia.

Katie Ledecky lebih dahsyat lagi. Pengalaman bertandingnya memang belum banyak, namun remaja berusia 15 tahun ini meraih emas di nomor 800 meter gaya bebas puteri.

Dari Cina ada Ye Shiwen yang masih berusia 16 tahun. Ia meraih emas di nomor 400 meter gaya ganti dan memecahkan rekor dunia dan sempat mengundang kecurigaan karena catatan waktunya di 50 meter terakhir lebih cepat dari perenang Amerika Serikat Ryan Lochte (yang meraih emas di nomor ini untuk putera). Pemain muda ini memang kecil kecil cabe rawit!

Ledecky berusia 15 tahun dengan Medali Emas Gaya Bebasnya.. (stoneridgeschool.org)

Selain di Akuatik pada bidang sepakbola pun hasil yang tak terduga muncul , ketika sebuah timnas yang beranggotan squad profesional yang banyak melalang buana di tim eropa . Kalah dengan timnas bersquad full liga lokal . Ya , Brazil berhasil ditaklukkan dengan kerapatan Meksiko 2-1.. Kalau tentang Spanyol sang juara dunia 2 kali dan Euro kemarin jangan ditanya , timnas U-23 el matador telah kalah telak tanpa poin pada babak grup.

Mexico dengan Medali Emasnya setelah menaklukkan tuan rumah olimpiade selanjutnya.. (csmonitor.com)

Ada juga opera sabun yang ngikut tampil di Olimpiade. Para atlit yang berlaga di Olimpiade tentunya akan berusaha tampil sebaik mungkin, sengotot mungkin untuk meraih medali. Kalah tidak menjadi masalah, yang penting adalah berusaha menampilkan yang terbaik. Tidak terbayang jika ada yang tampil di Olimpiade bukannya untuk menang, tetapi untuk kalah. Tetapi, percaya atau tidak ini benar-benar terjadi dan ironisnya ini terjadi di ajang sekelas Olimpiade.

Ini adalah salah satu skandal besar (dan memalukan, tentunya) dalam sejarah Olimpiade. Empat pasang ganda puteri di cabang badminton, Greysia Polii/Meiliana Jauhari (Indonesia), ­Yu Yang/Wang Xiao Li (China) dan dua pasangan Korea Selatan ­ Jung Kyung Eun /Kim Ha Na, serta Ha Jung Eun/Kim Min Jung harus didiskualifikasi karena terlibat dalam skandal main mata dalam pertandingan fase grup badminton. Mereka dinilai sengaja bermain asal-asalan untuk menghindari pasangan Cina di babak perempat final.

Saat Greysia/Meiliana melawan Ha Jung Eun/Kim Min Jung, terlihat bahwa kedua pasangan bermain tidak menunjukkan semangat dan sengaja memberi kemenangan pada lawan. Gelagat ini terbaca oleh wasit kehormatan sehingga kedua pasangan diberi kartu hitam. Pasangan Indonesia menang di set pertama dengan skor 21-18, tetapi di set kedua pasangan Korsel menang mudah 21-14 dalam waktu kurang dari 15 menit! Set ketiga, masih terjadi upaya untuk membuang waktu sehingga wasit kehormatan pun gregetan untuk mengawasi jalannya pertandingan. Karena rikuh diawasi, kedua pasangan bermain serius. Pasangan Korea memenangkan set penentu dengan skor 21-12.

Sementara pasangan Cina juga dinilai sengaja mengalah karena tidak ingin bertemu rekan senegaranya di babak perempat final. Yu Yang yang juga unggulan pertama dan juara bertahan langsung mengundurkan diri pasca kejadian tersebut. Sementara Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta Federasi Badminton Dunia (BWF) merevisi format penyisihan grup dan perlunya menyelidiki keterlibatan pelatih dalam kasus ini. Karena bukannya pemain hanya menjalankan instruksi pelatih?

Beberapa mantan bintang badminton dunia bereaksi. Format penyisihan grup dikritik dan babak knock-out dianggap lebih baik karena membuat pemain lebih all-out dalam bertanding. Sementara di babak penyisihan grup harus melihat siapa akan melawan siapa dan tentunya ada strategi untuk menghindari lawan tertentu.

Apapun namanya, skandal ini mencoreng dunia badminton. Terlebih karena skandal ini cabang badminton terancam dihapus dari Olimpiade. Pukulan telak bagi Indonesia, yang selama ini mengandalkan medali dari cabang badminton (dan ironisnya, di London 2012 badminton tidak menyumbangkan medali sama sekali).

Ganda putri Indonesia ( Gresia dan Meliyana ) yang tidak bisa berkutik dengan vonis diskualifikasi IOC (viva.co.id)

Prestasi kita di London justru datang bukan dari Bulutangkis maupun panahan yang disebut sebut cabang andalan bangsa Indonesia .. Kita bahkan kalah dalam bulutangkis dari Malaysia setelah atlitnya kalah melawan Lin Dan. Jauh lebih baik daripada Taufik Hidayat dkk yang kalah pada babak semi final , dan tempat ketiga.

1 Perak dan 1 Perunggu kita dapatkan dari cabang angkat besi , oleh Eko Irawan dari Triyatno .. Seakan kalang kabut Menpora Andi Malarangeng mengadakan diskusi panel olahraga bertajuk “Menyikapi Hasil Olimpiade London 2012”, di Gedung KONI, Jakarta, Jumat (10/08).  Hadir disana Pak Andi dan Komisi 9 , menyimpulkan bahwa PWI akan melaksanakan evaluasi.

Evaluasi oleh Menpora (detik.com)

Tapi apalah arti evaluasi bila itu hanyalah sebatas formalitas , kemerosotan prestasi kita sudah terlihat sejak Open cup dan bahkan Sea Games beberapa waktu lalu. Bukannya atlet dan prestasi bangsa yang menjadi perhatiannya , Justru mereka berfoya foya berbagi proyek dan kisruh sendiri. Terhitung dugaan mark-up proyek Hambalang dan Sea Games yang masih belum selesai dan menyeret banyak nama nama elit . Termasuk ketua umum Partai Demokrat dan sang Nahkoda Olahraga Indonesia , Menpora Andi Malarangeng. Semoga pak sby mau tergerak hatinya , bukan tergerak bibirnya dan berkata ‘ Prihatin ”😀

Refrensi : http://bit.ly/TAZNiL

Categories: Uncategorized | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Amerika Juara Umum , Prestasi Indonesia Masuk WC Umum..

  1. Ping-balik: Skandal “Bulutangkis Gajah”, 4 Pasangan Terancam Sanksi | soccernews.me

  2. Ping-balik: Jadi Sensasi Renang, Ye Shiwen Dicurigai Doping | ambangbatas

  3. Ping-balik: OLIMPIADE LONDON 2012: Skandal bulutangkis gajah jadi aib … | soccernews.me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: