Big Match MU vs AFC , Duel Sir Fergie vs Le Professor

Duel dua Legenda Pelatih Inggris (imageshack.us)

Mengawali bulan November ini Fergie pun diramalkan sulit tidur, setelah dua kali melawan Chelsea di London yang berakhir kemenangan bagi MU di EPL dan kekalahan di League Cup. Belum selesai perjuangan Fergie karena besok Fergie akan didatangi salah satu rival besarnya yang sama sama dari London, Arsenal.

Manchester United merupakan rival besar bagi Arsenal, sudah sering Wenger beradu argumen dengan Fergie. Bahkan sejarah cemerlang Arsenal pada tahun 2003/2004 dengan perolehannya melewati satu musim tanpa kekalahan “unbeaten” musnah di Old Trafford dengan “Battle of The Buffet” dimana Arsenal dikalahkan 2-0 dan menjadi kekalahan pertama Arsenal, memang pada FA Cup 2005 Arsenal berhasil menang lewat adu pinalti 5-4. Dan Manchester United dianggap memutus semua harapan Arsenal karena hingga saat ini masih belum dapat menggaet trofi selama 7 musim.

Kebijakan Arsenal membangun Stadion Emirates tentu saja menuai kontrovensi dan akibat dibalik kebutuhan yang memang mendesak dan pendapatan yang sangat menggiurkan, Arsenal harus berhutang sebesar 500 Juta Euro dan harus lunas 2014. Wenger pun mau tidak mau menyisihkan sebagian besar uang yang biasa digunakan untuk menggaji dan membeli pemain. Jadilah Arsenal hanya menggenjot pemain dari akademi dan pemain bintang Arsenal yang sudah berharga mahal dilepas begitu saja.

Old Rivalry

Old Rivalry (footballimages.info)

Arsenal dan United sama sama merupakan klub besar yang merupakan The Big 4 Liga Inggris , Sejak dimulainya Liga Primer di tahun 1994-95 ( dulu Top Division ) hanya 3 klub yang sudah memenangkan gelar liga primer lebih dari sekali , Antara Manchester United ( 12x ) , Chelsea dan Arsenal ( 3x ). Liverpool yang juga bergabung di The Big 4 belum mampu membawa gelar Juara Liga Primer, Sedangkan Manchester City dan Blackburn mendapatkan gelar liga primer masing masing sekali.

Arsenal pun masuk 16 besar champion 14 kali berturut turut hingga saat ini, prestasi gemilang yang telah diukir sejak 1996-97. Bahkan pernah finish menjadi runner up pada 2005-06. Tentu saja dalam prestasi UCL Arsenal termasuk paling rendah dibanding kawan kawannya di The Big 4 , MU pernah menang 3x , Chelsea 1x , dan Liverpool 5x. Sebagai fans penulis tentu berharap Arsenal akan mendapat gilirannya suatu saat nanti.

Liga Inggris memang merupakan Liga yang Dinamis, bahkan disebut sebut menjadi “The Greatest League on Earth” dimana klub yang pada tahun 2011 lalu finish di peringkat enam pun bisa menjadi juara liga champion. Sedangkan klub yang saat itu sedang “tidak terkalahkan” pun hanya finish sebagai runner up.

Arsenal dengan Wenger

Unlimited Funded City (dailymail.co.uk)

Sebenarnya penulis jatuh hatii bukan pada Arsenal dengan Trofi, tapi dengan Arsenal dengan Wenger. Ketakjuban ketika klub yang dijepit masalah hutang , dan bahkan cibiran Fergie ketika Wenger awalnya digaet Arsenal dari Jepang. Tapi Wenger dengan bawaan santainya hanya menjawab secara diplomatis. Ingat pada saat Arsenal menang liga primer di tahun 2004 dengan skor tanpa kalah. Fergie ngotot menyebut klubnya terhebat di muka bumi dan Arsenal hanya beruntung. Wenger dengan santai hanya menjawab ” Everybody thinks they have prettiest wife in home” ( Semua orang pasti berfikir mereka mempunyai istri yang paling sempurna di rumah)

Arsenal belum pernah memenangkan trofi sejak tahun 2005. Namun kedua manager ini selalu diapresiasi dan dihormati oleh pemilik klub lain, manager lain dan pers karena publik menyadari kalau mereka “consistently punching above their weight“. Keberhasilan mereka melebihi sumber daya mereka layaknya petinju kelas ringan yang berlaga di kelas berat. Kedua manager ini bisa mendapatkan pekerjaan di mana pun mereka mau, dengan gaji berapapun. Wenger sempat ditawari pekerjaan oleh Real Madrid 3 tahun lalu dan musim lalu ditawari pekerjaan oleh Unlimited Funded Club yang baru, PSG. Keduanya menolak, karena cinta dan loyalitas terhadap klubnya sekarang. Terdengar klise tapi itulah nyatanya. Bahkan klub besar seperti Barca dan Timnas Prancis tempat asalnya lahir pun ditolak.

Sambil menunggupelunasan utang stadion yang dapat dilakukan di tahun 2014, Arsenal harus cerdik dalam soal belanja pemain satu-dua tahun ini. Wenger telah melakukan hal yang luar biasa di awal musim ini dengan pembelian Cazorla senilai 12-14 juta, pemain yang di pasaran normal mestinya bernilai di atas 20 juta. Podolski juga dibeli murah senilai 10 juta, demikian juga Giroud. Tiga pemain ini bila Chelsea atau Man City yang beli, rata-rata harganya mendekati atau di atas 20 juta. Arsenal dengan cerdik bisa membeli ketiganya dengan harga separuh. Pedagang yang cerdik. Kecerdikan Wenger dan manajemen Arsenal saat ini menjadi andalan klub untuk bersaing dengan klub-klub berbudget besar. Tinggal kita tunggu penampilan di lapangan hijau. Untuk saat ini, performa Arsenal di lapangan hijau sangat baik, jauh lebih baik daripada musim sebelumnya. Pemain-pemain baru sudah menunjukkan kemampuannya dan Santi Cazorla sejauh ini sudah menjadi pemain terbaik liga Inggris untuk 5 pertandingan. Penulis optimis musim ini Arsenal akan lebih baik daripada musim sebelumnya.

Model finansial Arsenal tidak berbeda dengan Manchester United. Liverpool, Spurs dan hampir semua klub liga Inggris mengadopsi model yang sama. Model ini adalah menjalankan klub dengan tujuan tidak bangkrut, bisa exist untuk jangka panjang, dengan cara mendapatkan profit atau setidaknya break-even setiap tahunnya dan terus mengembangkan pendapatan. Prestasi di liga menjadi jaminan agar finansial klub bisa terus berkembang bukan sebaliknya: menjalankan klub dengan tujuan dapat trofi di liga tapi finansial klub merah dan klub terancam bangkrut. Model finansial perusahaan sehat mengharuskan klub hidup mandiri artinya pendapatan klub digunakan untuk pengeluaran klub. Tidak ada sumber pengeluaran lain selain dari pendapatan dan utang. Utang klub dikelola dengan baik, setiap tahun cicilan utang harus bisa dibayar. Demikianlah model finansial Arsenal, MU dan klub-klub bola lainnya yang tidak berbeda dengan sebuah perusahaan yang sehat. Disini masalahnya adalah Arsenal adalah satu satunya klub yang masih memiliki kewajiban membayar utang , dengan pengecualian Man City dan Chelsea yang bisa disebut Unlimited Funded , yang walaupun tidak sehat tetap di bail-out tiap tahun.

Sama sama Garang

Greatest Comeback Ever! (rushtravel.org)

Masih selang beberapa hari sejak Arsenal menang tandang 7-5 setelah kalah 1-4 di babak pertama ( Walcott 45+ ) . Dengan hatrick Walcott Arsenal menyiapkan bangku untuk quarter final besok melawan salah satu klub Liga NPower. Manchester United pun masih garang setelah Matchday liga yang lalu mengalahkan Chelsea di Stamford. Sebuah hasil yang luar biasa melawan klub unlimited funded seperti Chelsea.

Pertandingan besok akan menjadi pertarungan hebat antara pemain pemain hebat , dengan 2 pelatih legenda hebat dan sejarah yang sama hebatnya, membuat pertandingan yang akan berlangsung pukul 19.00 itu menjadi salah satu momen yang tepat untuk mengawali Bulan November , atau sekedar nonton bareng bersama kawan atau kekasih. Victoria Concordia Crescit!

Refrensi : benhan8.wordpress.com

Categories: Uncategorized | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Big Match MU vs AFC , Duel Sir Fergie vs Le Professor

  1. Ping-balik: Rencana renovasi anfield | Agen Judi Bola Online

  2. Ping-balik: Montella Masih Butuh Jovetic di Fiorentina | gilabola.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: