KRjogja.com (03/11) – Kepala Disbudpar Aceh: “Branding Wisata Berhasil Kalau Masyarakat Merasa Memiliki.”

SLEMAN (KRjogja.com) – Dalam kegiatan creative workshop Rangkaian Pinasthika pada Kamis (3/11), dibahas mengenai studi kasus branding Provinsi Aceh. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi NAD, Dr. Reza Pahlevi, menekankan perlunya partisipasi masyarakat. “Masyarakat kita libatkan dan branding wisata akan berhasil apabila semua merasa memiliki.” Pungkas Pak Reza.

Dalam seminar tersebut, Pak Reza juga menyatakan keterlibatan masyarakat tidak berlangsung begitu saja. Pemprov aceh pada awalnya harus merangkul semua golongan untuk urun rembug memajukan aceh. Termasuk diantaranya ulama, pedagang, dan pelajar.

Selain meminta masukan masyarakat, pemprov aceh juga membentuk tim branding untuk melakukan riset dan mendalami nilai-nilai Aceh. Akhirnya, diputuskan branding “The Light of Aceh” yang secara filosofis disebut oleh Bapak Kadisbudpar mengandung makna-makna religius yang sejalan dengan Aceh sebagai provinsi yang menganut syariat Islam.

Sejalan dengan hal tersebut, Arief Budiman, seorang konsultan kreatif juga menyatakan pentingnya partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pendapatnya, tidak bisa dipaksakan namun harus berasal dari lubuk hati masing-masing.

Selain itu, Arief menyatakan bahwa branding tidak hanya sekedar logo maupun jargon tapi juga bagaimana masyarakat memaknai dalam kehidupan sehari-hari. “Semangat the light of Aceh yang ada dalam kehidupan sehari-hari akan meningkatkan potensi wisata Aceh lebih pesat.” Pungkasnya. (MG-21)

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: