KRjogja.com (12/10) – Asyiknya Membuat Film di Museum

YOGYA (KRjogja.com) – Dalam rangkaian Vredeburg Fair 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka memperingati Hari Museum Indonesia yang jatuh pada 12 Oktober 2016, terdapat lomba pembuatan film pendek bertemakan museum. Lomba ini diikuti oleh siswa SMP dan SMA se-Indonesia dan dilangsungkan di 3 museum di sekitaran Yogyakarta: Museum Jendral Soedirman, Museum Dirgantara, dan Museum Vredeburg. Lomba ini berlangsung dengan seru dan sangat kompetitif. “Ada 20puluhan SMP bertanding membuat film, waktunya satu hari utuh dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore harus sudah jadi termasuk editing on the spot. Seru sekali!” Ujar Amiserina Marina, siswa SMPIT Abu Bakar Yogyakarta yang berumur 14 tahun tersebut dengan antusias. Dirinya mendapatkan juara 2 dalam perlombaan tersebut untuk kategori SMP.
Perlombaan dimulai dengan pemberian materi dan workshop kepada peserta lomba. Materi dan workshop yang diberikan bervariasi mulai dari teknik perekaman, pengambilan sudut gambar maupun suara, teknik editing, serta pengetahuan sejarah singkat mengenai museum Indonesia. Pemberian materi dan workshop tersebut diselenggarakan sehari sebelum lomba dimulai dengan harapan anak-anak yang berlomba mendapatkan pengetahuan tambahan yang bukan hanya berguna untuk berkompetisi, tapi juga disebarkan ke teman-temannya dan berguna bagi masyarakat lain. “Film dan ilmunya nanti juga disebarkan di masyarakat dan aktifitas museum yang menyenangkan nanti akan menggerakan masyarakat untuk mencintai museum.” Ujar Ibu Sri Patmiarsih sebagai Kasubdit Permuseuman Kemdikbud dalam sambutan penutupan rangkaian kegiatan Vredeburg Fair 2016.
Dalam pembuatan film, setiap perwakilan sekolah mengirimkan tim yang berisi 3 orang. Tim inilah yang mengerjakan seluruh proses produksi film baik recording maupun editing. “Kita desain gimana caranya bertiga tampil, jadi yang pegang kamera ya gantian.” Ujar Amiserina yang mendapatkan jatah untuk membuat film di Museum Jendral Soedirman.
Di Museum Jendral Soedirman, Amiserina dan tim juga harus cepat menentukan plot film dan ide karena pemberitahuan lokasi mana yang didapat masing-masing kelompok untuk pembuatan film pendek baru diumumkan pagi harinya. Amiserina dan timnya dari SMPIT Abu Bakar Yogyakarta membuat film berjudul “Sudirmanku”. Film tersebut menceritakan tentang seorang anak yang mengunjungi museum lalu membayangkan peperangan yang terjadi pada masa itu sesuai dengan diorama dan peninggalan yang dia lihat di museum. Film yang dibuat oleh tim lain juga tak kalah menarik, dan semuanya telah diupload di Youtube dengan hashtag #LFPD16ayokemuseum guna lebih mendekatkan museum ke hati masyarakat. (MG-21)

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: