KRjogja.com (15/10) – Memberdayan komunitas dan Memperkaya Pengetahuan Budaya Jepang Lewat Mangafest UGM

YOGYA (KRjogja.com) – Mengusung tajuk Sportaction, Mangafest UGM ke-6 yang diselenggarakan GOR Klebengan, Yogyakarta berlangsung dengan semarak. Mangafest merupakan event tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2011. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan mengenalkan budaya Jepang lebih luas kepada masyarakat serta memfasilitasi kreatifitas komunitas dan pembuat komik bernuansa Jepang (manga). “Anime dan Manga (kartun dan komik jepang) sekarang fenomena global. Banyak orang di berbagai belahan dunia menggandrungi, termasuk di Yogyakarta. Kita kenalkan lebih dalam di acara ini.” Ujar Wahyu Eko, 20 tahun, Ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang UGM.
Mangafest UGM adalah sebuah rangkaian kegiatan yang terdiri atas comic market (penjualan buku komik), penampilan band, talkshow, kompetisi Cosplay, band, menggambar manga, dan pameran stand makanan, komunitas, aksesori. Stand yang ditampilkan cukup beragam dan mengakomodasi banyak komunitas, dengan jumlahnya yang mencapai 120 stand lebih. Semua stand tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing dan umumnya bernuansa Jepang. Stand Kedai Yuki misalnya, stand ini menjual berbagai masakan Jepang mulai dari onigiri, ramen, hingga teh hijau. “Saya lulusan sastra jepang. Berjualan kuliner jepang sejak 2014. Mangafest ini cocok dengan usaha saya.” Ujar Radito, 26 Tahun, wirausahawan pemilik kedai Yuki.
Sejak pembukaan mangafest pada Minggu (15/10) pagi tadi hingga pukul 16.00 WIB, tercatat sudah lebih dari 2000an orang telah memadati kegiatan tersebut. Masih banyak pula pengunjung yang mengantri diluar untuk mendapatkan tiket. Pengunjung yang datang pun beragam, mulai dari balita, remaja, hingga orang dewasa. Misal saja Bapak Dwi Wisnu, seorang pegawai swasta yang berusia 52 tahun tersebut hadir bersama keluarganya di Mangafest untuk bernostalgia dengan pernak-pernik kebudayaan Jepang. “Saya dua tahun lebih sempat kuliah di University of Tokyo, cosplay dan manga disini mengobati kerinduan saya.” Ujarnya. (MG-21)

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: