KRjogja.com (15/10) – Mengenalkan Kebudayaan Jawa Timur lewat Jatimfest

YOGYA (KRjogja.com) – Dimulai sejak kamis (13/10), Jatimfest yang diselenggarakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret menyedot perhatian banyak masyarakat yang sedang hilir mudik di sekitaran Jalan Malioboro dan Titik Nol. “Banyak penonton yang hadir, ingin mengenal Jawa Timur, dan seneng seneng pokoke.” Ujar Awan Khotimullatif, 24 Tahun, Ketua Panitia Jatimfest.

Jatimfest merupakan kegiatan pagelaran seni budaya Jawa Timur yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jawa Timur yang terkumpul dalam Keluarga Jawa Timur Yogyakarta (KJTY). Kegiatan Jatimfest kali ini merupakan kali kedua Jatimfest diselenggarakan di Yogyakarta. Pagelaran seni budaya Jatimfest memadukan budaya Jawa Timur dalam penampilan seni rupa, musik, tari, kriya, serta seni kontemporer. Pagelaran tersebut diantaranya terwujud dalam bentuk penampilan tari reog ponorogo, kolosal drama, performance art musik nusantara, serta penayangan film pendek dan dokumenter bernuansa Jawa Timur. Stand Kuliner Khas Jawa Timur layaknya sate madura, tahu tek, nasi rawon dan beragam makanan lainnya juga tersedia di Jatimfest.

Selain untuk mengenalkan Jawa Timur kepada masyarakat Yogyakarta, Panitia menyatakan bahwa Jatimfest diselenggarakan dengan tujuan dapat menjadi ajang untuk melepas rindu bagi sesama diaspora Jawa Timur dan wadah eksistensi serta pengembangan diri mahasiswa Jawa Timur yang mengenyam ilmu di Yogyakarta. “Sebagai wadah eksistensi, reuni kangen kangenan, dan selalu mengingat bahwa di tempat orang harus tetap nguri nguri kebudayaan sendiri.” Ujar Awan (MG-21)

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: